Berita

Pengajian Dalam Rangka HUT KSR PMI IAIN Kudus

Administrator | Rabu, 01 Agustus 2018 - 15:46:53 WIB | dibaca: 522 pembaca

KSR PMI Unit IAIN Kudus menggelar acara gebyar HUT ke 20 Tahun. Dimana agenda tersebut merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh UKK KSR. Tema kegiatan tahun ini adalah “Membangun semangat jiwa sukarelawan muda yang tangguh dan berakhlaqul karimah”. Kegiatan Ke 20 tahun ini juga memiliki konsep yang berbeda pada tahun sebelum-sebelumnya. Yaitu memadukan konsep antara akademis, Sosial dan Keagamaan. Acara yang diangkat dari tiga konsep melahirkan empat acara spektakuler diantaranya adalah Festival PMR Wira se-Jawa Tengah, Konser Musik, Pengajian & KSR Bersholawat serta Latihan gabungan bersama Pemadam Kebakaran dari Pemerintah Daerah.
Bertempat di lingkungan kampus IAIN Kudus, acara ini digelar mulai hari Sabtu – Ahad, tanggal 20 – 29 Juli 2018. Acara ini dibuka oleh Sekertaris PMI Kabupaten Kudus, Drs. Imam Santosa, M,or., dihadiri oleh Pembina UKK KSR PMI Unit IAIN Kudus (H. Muhammad Dzofir.M.Ag), Mahasiswa dari UKM KSR STIKES Cendikia Utama Kudus, STIKES Muhammadiyah Kudus, Universitas Muria Kudus, Relawan Markas PMI Kab. Kudus dan Ketua Forum Komunikasi KSR Se-Kabupaten Kudus.
Festival PMR Wira se-Jawa Tengah diikuti oleh 15 kontingen dengan jumlah 105 peserta dari tiga cabang perlombaan, yaitu Pertolongan Pertama (PP), Kewirausahaan Sosial (KS) dan Komik PMR. Tujuan diselenggaranya Festival PMR Se- Jawa Tengah ini adalah menyiapkan anggota PMR sebagai kader PMI yang handal dan terampil, disamping itu juga bertujuan untuk menciptakan sumberdaya yang aktif dalam kegiatan kepalangmerahan serta menumbuhkan semangat juang sebagai kader relawan masa depan.
Tidak hanya berhenti pada Festival PMR, Kegiatan pada hari Sabtu berlanjut pada siang hari yang di isi dengan adanya konser Musik yang dimeriahkan oleh SDF dari SMS IAIN Kudus dan DISKET Band. Tidak hanya untuk memeriahkan HUT Ke 20, namun juga sebagai media Refresh dari peserta Festival PMR yang cukup memakan banyak waktu.
Disamping Perlombaan dan Konser, KSR juga mengadakan kegiatan Pengajian umum dan KSR bersholawat. Dihadiri oleh KH. Umar Farouq, S.Sos.I., M.Pd.I. dari Pati dan Gus Apank dari Kudus, diiringi rebana Al Mubarok Kudus. Pada kesempatan malam ini dihadiri oleh Rektor IAIN Kudus,Dr. H. Mundakir, M.Ag. dalam sambutanya beliau menuturkan “Usia 20 tahun harus menuju kedewasaan dan harus memiliki komitmen yang kuat”.
Pada hari kedua, Ahad 29 Juli 2018, kegiatan diisi oleh Pemadam Kebakaran dari Kudus, kegiatan ini di ikuti  dari 15 Kontingen yang mengikuti Festival Wira dan Relawan KSR PMI Unit IAIN Kudus dalam kegiatan Latihan Gabungan bersama Pemadam Kebakaran. Kegiatan selama kurang lebih 3,5 jam ini berlangsung sangat menarik dengan antusiasme dari para peserta yang begitu luar biasa. Dimulai dari pemaparan materi dan lanjutkan dengan praktik pemadaman api baik mengunakan air secara langsung, alat pemadam apar, dan media karung goni. Tidak hanya dari petugas pemadam kebakaran saja yang mempraktikkan teknik pemadaman api secara baik dan benar namun peserta juga ikut andil untuk mempraktikkannya dengan bantuan dan arahan para petugas kebakaran.
Kegiatan ini ditutup secara resmi oleh Pembina KSR Unit IAIN Kudus, H.Muhammad Dzhofir. M.Ag. dilanjutkan dengan Pengumuman pemenang Juara dari setiap cabang lomba serta pengumuman juara umum. Dari hasil yang diperoleh juara umum di raih oleh Kontingen PMR MA NU Banat Kudus.